Berita Utama

MUWUR KURMA SECETING

Dilihat : 87 Kali, Updated: Jumat, 18 Oktober 2024
MUWUR KURMA SECETING

Gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada dibawah standar, itulah definisi dari S T U N T I NG. Istilah stunting sangat familier kita dengar beberapa tahun terahir ini. Sebenarnya permasalahan stunting ini tidak hanya terjadi di Indonesia, namun juga di berbagai negara. Bahkan di Kecamatan Kebasen dan di Desa Tumiyang sendiri tak luput dari permasalahan stunting dan bumil resti.

Berdasarkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022 angka stunting di Indonesia masih cukup tinggi yaitu 21,6%, walaupun terjadi penurunan dari tahun sebelumya yaitu 24.4% di tahun 2021, namun masih perlu upaya penurunan stunting ditahun 2024 ini.

Sebenarnya sudah banyak upaya baik dari individu maupun dari pemerintah untuk mencegah dan menurunkan angka stunting. Di Kecamatan Kebasen sendiri banyak sekali inovasi- inovasi yang dilakukan untuk menekan angka stunting. Diantaranya yaitu GEBER BENTING (Gerakan Bersama bebaskan stunting, PANEN SERUT ( Nampa Endog Setor Runtah) dan KURMA SECETING (Kegiatan Iuran Makanan /bahan Makanan Semangat Cegah Stunting).

Alhamdulillah  pada hari Kamis, 17 Oktober 2024  kami dapat menyelenggarakan  kegiatan muwur kurma seceting  kepada Ibu hamil dan balita. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Tim Penggerak PKK  dan Kader Kesehatan Desa sebagai wujud kepedulian kami terhadap ibu hamil dan balita dalam rangka mencegah dan mengentaskan stunting di Desa Tumiyang. Untuk kegiatan ini kami menggalang dana dengan cara iuran sukarela di setiap pertemuan kelompok PKK dan kelompok Dasa Wisma, yang selanjutnya hasil perolehan iuran tersebut di setorkan ke bendahara Pokja satu PKK Desa untuk dikumpulkan sebagai dana swadaya.  Selanjutnya pokja satu menyerahkan iuran swadaya itu kepada bendahara pokja empat PKK Desa untuk dibelanjakan membeli makanan dan bahan makanan untuk diserahkan ke ibu hamil dan balita. Mengingat kebutuhan dan anggaran yg tidak selalu sama perolehannya setiap bulan, maka kami menjadwalkan kegiatan muwur kurma seceting ini untuk sejumlah empat sasaran setiap bulannya, yaitu dengan dua orang sasaran untuk  ibu hamil dan dua orang sasaran untuk balita.        

Pada Kesempatan kali ini ibu ketua Tim Penggerak PKK Desa Tumiyang bersama kader ikut membagikan bingkisan kurma seceting kepada sasaran bumil dan balita. Harapan beliau kegiatan ini dapat berjalan lancar agar Tumiyang zero stunting menuju generasi Indonesia Emas.

 

 

 

Komentar